Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat di Gunung

Yang Harus Di Lakukan Saat Tersesat di Gunung
sumber dari: www.zazzle.com

Yang harus di lakukan saat tersesat di gunung,tersesat di gunung bukanlah kasus baru. Ada beberapa hal yang patut Anda ketahui menghadapi kemungkinan buruk seperti itu. 
Saat ini marak di beritakan bahwa banyak pendaki yang tersesat saat mendaki gunung,bahkan saat di temukan tim SAR pendaki tersebut sudah dalam keadaan tewas. Sungguh sangat menyedihkan :(.
Jika tak tahu medan dan minim persiapan, tersesat memang seringkali terjadi kepada pendaki. Oleh karena itu persiapan sebelum mendaki harus benar-benar matang. Harus ada pemetaan jalur, estimasi waktu, sampai soal persediaan air. Sebaiknya sebelum melakukan pendakian anda harus menghitungkan resiko terburuk termasuk jika ada tersesat. 

1. Jangan Panik

Bila anda panik, pikiran anda  tidak karuan cemas dan akan membuat anda semakin sulit untuk berpikir,lebih baik berkepala dingin banyak berdoa sambil berjalan menuju titik awal (start) atau langsung menuju puncak.
Jangan pernah mengira-ngira bahwa jalan yang anda lewati akan menyatu dengan jalur yang benar, namun jika memang jalur itu menyatu maka anda sangat beruntung. Tapi jika tidak menyatu dengan jalur yang benar maka anda semakin jauh tersesat. Tetap prioritaskan untuk kembali ke jalur awal

2. Kendalikan Situasi

Kendalikan emosi setiap anggota team, kendalikan egoisme setiap anggota team. Ciptakan kondisi yang tenang dan harus optimis. Yakinkan pada semua anggota team bahwa kalian akan selamat. Di butuhkan kemampuan semua anggota team dalam keadaan seperti ini.Jika saling egois maka akan memperburuk keadaan. Kepercayaan semua anggota team pada pemimpinnya adalah sesuatu yang membuatnya bisa menjalankan tugas degan baik. pemimpin team adalah dia yang mempunyai kemampuan untuk memimpin,bukan dia yang memiliki jabatan sebagai pemimpin. Buat semua anggota team percaya pada anda dengan pemikiran- pemikiran yang logis. Berikan perintah pada semua anggota team dengan adil dan bijak. Ukurlah tenaga kemampuan yang dimiliki oleh masing- masing anggota anda, manfaatkan kemampuan yang dimiliki oleh anggota sesuai dengan bidangnya. Hal yang harus anda ingat adalah ketika anda memutuskan untuk menjadi pemimpin maka nyawa seluruh anggota team adalah tanggung jawab anda.  

3. Melihat Kemampuan Team

Setelah kondisi team dapat dikendalikan, lakukan penanganan saat itu juga. Manfaatkan waktu yang ada dengan semaksimal mungkin. Anda akan mengerti betapa berharganya waktu ketika anda dalam keadaan sekarat. Pertama anda haru menghitung jumlah amunisi yang dimiliki oleh team anda yaitu air, logistik,tenaga dan perkirakan berapa lama amunisi tersebut mampu membuat kalian hidup.  Mulailah berhemat, hemat waktu dan hemat logistik jangan lakukan hal- hal yang tidak perlu, namun bukan berarti anda hanya beridam diri. Tapi jika perbekalan habis, carilah daun-daun muda untuk dimakan. Sebelum mendaki, cari informasi terlebih dahulu soal jenis hutan dan aneka vegetasi di dalamnya sehingga Anda mengetahui jenis daun mana yang bisa dimakan.Carinya daun yang muda, agar lebih mudah dicerna. Jangan sembarangan makan buah, karena tidak semua buah-buahan aman.

4. Sadari Dimana Anda berada

Coba bayangkan anda melihat gunung dari jauh, bentuknya akan terlihat seperti segitiga sama sisi. Semkain ketas maka akan semakin runcing dan semakin anda kebawah maka akan semakin melebar.Artinya: Gunung bagian atas semakin sempit dan bagian bawah semakin lebar. Sewaktu anda tersesat jika anda bergerak e atas maka daerah dimana anda tersesat akan semakin sempit sehingga lebih mudah menemukan jalur pendakian. Sedangkan jika anda bergerak ke bawah maka daerah dimana anda akan tersesat akan semakin luas sehingga akan lebih sulit menemukan jalur pendakian. Satu hal yang penting adaah semua jalur dari sisi manapun oasti bertemu di puncak. Jika anda membuat jalur dari tenpat anda tersesat hingga puncak anda pasti selamat karna puncak adalah tempat bertemunya jalur dari semua sisi. Setelah sampai puncak anda dapat memilih jalur yang di inginkan.

Penting bagi Anda untuk membawa kompas saat pendakian. Meski begitu, ada tanda-tanda alam yang bisa diperhatikan saat mendaki gunung. Misal, jika bertemu pepohonan yang ditumbuhi lumut, berarti kemungkinan besar Anda sedang menghadap timur. Kalau malam hari melihat bintang paling terang, itu arah utara. Dan masih banyak tanda-tanda alam lainnya untuk dipelajari sebelum pendakian.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca :)


EmoticonEmoticon