Spot Gunung Jawa Timur

Gunung-Gunung di Jawa Timur 

Gunung- Gunung di jawa timur sangat terkenal dengan spot alamnya yang patut untuk kita injakkan kaki. Di blog kali ini saya mau ngasih info gunung- gunung yang terletak di jawa timur nih temen-temen.. Jawa timur terkenal banget sama spot nya yang keren- keren.. nah disini juga saya kasih referensi buat para pendaki yang mau ngecamp di jawa timur ... Yuk di simak 

Gunung Semeru ( 3,676 MDPL dan Berstatus Aktif)

sumber dari: News Liputan6

Gunung Semeru  adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa TimurIndonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ada dua jalur pendakian untuk mencapai puncak Mahameru:
1. Jalur via Watu Rejeng
2. Jalur via Gunung Ayek- Ayek


Gunung Raung (3,344 MDPL dan Berstatus Aktif)

sumber dari: Tempo.c o 

Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Secara geografis, lokasi gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan, yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 mdpl). 

Ada dua jalur pendakian untuk mencapai puncak raung:
1. Jalur via Kalibiru ( Puncak Sejati)
2. Jalur via Sumber Waringin (Puncak Bayangan)


Gunung Arjuna ( 3,339 MDPL)

sumber dari: Kapanlagi plus

Gunung Arjuno (terkadang dieja Gunung Arjuna) adalah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa TimurIndonesia dengan ketinggian 3.339 m dpl. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota BatuKabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, serta menjadi yang tertinggi kelima di Pulau Jawa. Biasanya gunung ini dicapai dari tiga titik pendakian yang cukup dikenal yaitu dari LawangTretes dan Batu. Nama Arjunoberasal dari salah satu tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna.

Ada empat jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung arjuna:
1. Jalur via Tretes
2. Jalur via Lawang
3. Jalur via Purwosari
4. Jalur via Batu

Gunung Lawu ( 3,265 MDPL )

sumber dari: Manusia Lembah

Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau JawaIndonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" (diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885) dan telah lama tidak aktif,gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.
Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Agak ke bawah, di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit: Candi Sukuh dan Candi Cetho. Di kaki gunung ini juga terletak komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran: Astana Girilayudan Astana Mangadeg. Di dekat komplek ini terletak Astana Giribangun, mausoleum untuk keluarga presiden kedua Indonesia. 

Ada tiga jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung lawu:
1. Jalir via Cemorosewu.
2. Jalur via Cemoro Kandang.
3. Jalur via Srambang.


Gunung Welirang (3,156 MDPL)

sumber dari: Kaskus

Gunung Welirang adalah sebuah gunung berapi aktif dengan ketinggian 3.156 mdpl yang secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Welirang berada dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Welirang bersebelahan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. Puncak Gunung Welirang terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Arjuno, sehingga kompleks ini sering disebut juga dengan Arjuno-Welirang.

Ada empat jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung welirang:
1. Jalur via Tretes
2. Jalur via Purwosari
3. Jalur via Lawang
4. Jalur via Batu

Gunung Argopuro (3,088 MDPL)

sumber dari: aliefnews.wordpress.com

Gunung Argapura adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis / Welirang (topografichen Dienst 1928). Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Argapoera dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi). Hal yang unik dari gunung ini adalah Gunung Argpuro mempunyai track panjang se jawa yaitu 40 kilometer. 

Ada dua jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung argopuro:
1. Jalur via Bremi
2. Jalur via Baderan.


Gunung Butak (2,868 MDPL)

sumber dari: PusakaPusaka.com

Gunung butak yang terletak di perbatasan kota malang dan kabupaten blitar, jawa timur kini semakin di kenal oleh para pendaki nusantara. Tipe dari gunng butak ini adalah stratovolkano yang berarti gunung berapi dengan bentuk kerucut yang tinggi dan terdapat abu vulkanik serta lava yang telah mengeras.  Gunung butak ini masih berada di jajaran pegunungan putri. Mengapa disebut pegununungan putri karena bila dilihat dari kejauhan mirip dengan putri yang sedang tidur. Gunung butak sendiri merupakan wajah, gunung kawi sebagai payudara dan gunung pandeman sebagai kaki dari pegunungan putri yang menyerupai putri sedang tidur. 
Ada dua jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung butak:
1. Jalur via Panderman
2. Jalur via Sirah Kencong.

Gunung Widodaren (2,614 MDPL)

sumber dari: Wikipedia

Gunung Widodaren adalah sebuah gunung yang terletak di Jawa Timur, dekat dengan Gunung Bromo dan Semeru. Gunung Widodaren memiliki ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu bagian dari kaldera Tengger. Gunung Widodaren termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Widodaren terletak tepat di belakang Gunung Bromo dan sebelah Gunung Kursi.

Gunung Ijen (2,443 MDPL)
sumber dari: travel.detik.com

Gunung Ijen adalah sebuah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso. Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2.443 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Danau kawah Ijen dikenal merupakan danau air sangat asam terbesar di dunia. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Setiap dini hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00, di sekitar kawah dapat dijumpai fenomena blue fire atau api biru, yang merupakan keunikan tempat ini, karena pemandangan alami ini hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Dari Kawah Ijen, kita dapat melihat pemandangan gunung lain yang ada di kompleks Pegunungan Ijen, di antaranya adalah puncak Gunung Merapi yang berada di timur Kawah Ijen, Gunung Raung, Gunung Suket, Gunung Rante, dan sebagainya.


Gunung Wilis (2,169 MDPL)

sumber dari: Wikipedia

Gunung Wilis adalah sebuah gunung berapi (istirahat) yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Wilis memiliki ketinggian 2.169 mdpl dan termasuk dalam wilayah enam kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek. Gunung Wilis yang membentang di wilayah enam kabupaten di Jawa Timur (Jatim) terkenal dengan kondisinya yang masih perawan. Tidak banyak pendaki yang menyusuri lereng hingga puncak wilis dan belum ada jalur resmi pendakian ke gunung wilis. 

Gunung Kawi (2,551 MDPL)


Gunung Kawi adalah sebuah gunung berapi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia, dekat dengan Gunung Butak. Tidak ada catatan sejarah mengenai letusan gunung berapi ini.Gunung ini cukup dikenal karena adanya tempat ziarah Pesarean Gunung Kawi. Salah satu cerita misteri yang cukup populer dan menjadi kepercayaan di masyarakat sekitar gunung ini adalah tentang adanya ritual pesugihan atau ritual mendatangkan kekayaan dunia dengan bantuan raja jin. Pesugihan Gunung Kawi, -begitu ritual ini disebut-, telah banyak mengundang rasa penasaran masyarakat dari seluruh Nusantara, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan ekonomi dan ingin terlepas dari belenggu kemiskinan. 

Gunung Bromo (2,329 MDPL)

sumber dari: Twisata.com

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Timur dan meliputi 4 kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, Bromo jadi tujuan wisata terkenal di Jawa Timur dan hampir tidak pernah sepi setiap harinya. Statusnya yang masih aktif membuat Gunung Bromo jadi lebih menarik di mata wisatawan. Ketinggian Gunung Bromo 2.392 meter diatas permukaan laut dan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan ngarai dengan di kelilingi kaldera atau lautan pasir luas kurang lebih sekitar 5.300 hektar. Gunung Bromo terkenal sebagai icon wisata probolinggo paling indah dan paling banyak dikunjungi. Kata “Bromo” berasal dari kata “Brahma”  yaitu salah satu Dewa Agama Hindu. Gunung Bromo memang tidak besar seperti gunung api lain di Indonesia tetapi pemandangan Bromo sangat menakjubkan sekali. Keindahan Gunung Bromo yang luar biasa membuat wisatawan kagum. Dari puncak Penanjakan pada ketinggian 2.780 m, wisatawan bisa melihat matahari terbit di Wisata Bromo. Pemandangan yang indah membuat banyak wisatawan ingin mengabadikan momen berharga ini. Pada waktu matahari terbit terlihat dari puncak penanjakan yang sangat luar biasa para pengunjung bisa melihat latar depan dari Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap terlihat dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang naik ke atas langit.

Gunung Kelud (1,731 MDPL)
Gunung Kelud Jatim
sumber dari: Objek Wisata
Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang tergolong aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri. Sebagaimana Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.Sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014.

Gunung Penanggungan (1,563 MDPL)
sumber dari: kaltim post.

Gunung Penanggungan adalah gunung berapi kerucut (istirahat) yang terletak di Jawa TimurIndonesia. Posisinya berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto (sisi barat) dan Kabupaten Pasuruan (sisi timur), berjarak kurang lebih 55 km dari Surabaya. Gunung Penanggungan merupakan gunung kecil yang berada pada satu kluster dengan Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang jauh lebih besar. Gunung Penanggungan sering disebut sebagai miniatur dari Gunung Semeru, karena hamparan puncaknya yang sama-sama terdapat pasir dan batuan yang luas. Menurut kepercayaan Jawa Kuna, Gunung Penanggungan merupakan salah satu bagian puncak Mahameru yang dipindahkan oleh penguasa alam. Penanggungan merupakan salah satu gunung suci dari sembilan gunung suci di Jawa.

Gunung Bularan (1,247 MDPL)

sumber dari: www.kompasiana.com

Gunung Baluran adalah gunung kecil yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Gunung ini bisa dibilang gunung yang berdiri di ujung pulau Jawa paling timur. Gunung Baluran memiliki ketinggi 1.247 mdpl.
Gunung ini sudah tidak aktif lagi. Dinding kawahnya membatasi kaldera yang luas yang dalamnya 600 meter. Ada dugaan di bagian timur yang lebih tinggi dari gunung ini telah meletus dan melemparkan batu-batu besar keluar. Bagian tengah pegunungan terbagi-bagi membentuk kaldera yang dalam dengan cerukan kawah yang memadat di dasarnya. Untuk pendakian menuju Gunung Baluran silahkan langsung menghubungi pihak pengelola Taman Nasional Baluran

Gunung Lurus (593 MDPL)

sumber dari: Wikipedia

Gunung Lurus adalah gunung berapi kompleks berlokasi di Jawa TimurIndonesia. Gunung ini terletak di pantai utara Jawa Timur, termasuk dalam kawasan Pegunungan Iyang.
Informasi Lebih Rinci (Detil) Gunung Lurus :

Nama : Gunung Lurus
Nama Internasional  : Mount Lurus
Ketinggian : 539 meter / 1768 kaki
Negara : Indonesia
Wilayah / Benua : Asia
Keterangan Wilayah : Pulau Jawa
Huruf Awal Nama : L
Tipe / Jenis : Gunung
Peringkat Ketinggian (Dunia) : Belum Tersedia
Koordinat Peta : Belum Tersedia
Penonjolan (meter) : Belum Tersedia
Informasi Tambahan : Gunung Berapi
Sumber Data :  Wikipedia, dan sumber internet lainnya








2 comments

Referensi yang bagus dan bermanfaat bagi para pendaki yang ingin menapakkan kakinya diatas salah satu gunung yang berada di jawa timur. Terimakasih ulasannya. ( Noor Kell )

terimakasih sir, mudah2an kita bisa mendaki lagi bersama.. Aamiin :)


EmoticonEmoticon