Gunung Parang Purwakarta

Climbing di Gunung Parang Purwakarta

Gunung Parang Via Ferrata

Climbing di gunung parang purwakarta, gunung parang merupakan salah satu spot untuk climbing terbaik di Indonesia. Indonesia memiliki tebing batu andesit tertinggi ke dua di Asia. Bahkan masuk dalam urutan 10 besar tebing alam tertinggi di dunia. Tebing ini dinamai Gunung Parang. Berada di Purwakarta, Jawa Barat, atau di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru.

Gunung parang memiliki ketinggian 963 mdpl, untuk bisa sampai ke puncak gunung tersebut kita harus melakukan wall climbing melewati tebing batu. Nah, tebing inilah yang sering dianggap sebagai jalur ekstrim di Gunung Parang sehingga banyak yang mengira bahwa hanya orang-orang tertentu dengan skill climbing tinggi lah yang dapat mencapai puncak Gunung Parang
Kabar baiknya, di salah satu sisi tebing tersebut telah dibangun jalur via ferrata, yakni jalur yang dilengkapi dengan tangga besi.  Seperti yang sudah disinggung, Gunung Parang merupakan gunung pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur via ferrata, yakni jalur yang dilengkapi dengan tangga besi yang dipasang pada dinding-dinding batu andesit di Gunung Parang. Sebagai perlengkapan keamaan tambahan, pengunjung juga akan dilengkapi dengan sebuah tali pengaman yang akan dikaitkan setiap lintasan besi, seat harness serta helm pelindung.

Gunung Parang Via Ferrata

Waktu yang di tempuh untuk mencapai puncak tower 3 via ferrata max 6 jam, namun tergantung kecepatan masing- masing. Dari ferrata kita bisa melihat keindahan Waduk Jati Luhur, Gunung Lembu,Gunung Bongkok,dan Waduk Cirata.. dan mendaki via ferrata ini sudah terjamin aman asal kita membawa guide orang lokal. Anyway jalur ferrata ini diresmikan pada tahun 2015 dan sebelum di buka untuk umum,sudah di uji coba dulu oleh pengunjung usia 5-62 thn.. Untuk yang berat badannya kurang ideal (Gemuk) jangan khawatir tidak bisa menikmati keindahan gunung parang, karna seat hearness kekuatannya menahannya sampai 1 ton. Jadi jgn sedih dan jangan takut. Semua  kalangan dari yang tidak punya basic climbing sampai yg mahir dari yang kurus sampai yang gemuk semuanya bisa menikmati keindahan gunung parang via ferrata asal tidak phobia ketinggian saja :)


Waktu itu, saya mulai climbing pukul 13.30 WIB saya bersama teman saya dan guide dari Badega Gunung Parang (ber3) mulai climbing,saat itu saya memilih di ketinggian 300 meter. Karna sudah terlalu sore bila harus sampai kepuncak tower 3. Di ketinggian 300 Meterpun mata kita sudah sangat dimanjakan dengan alam sekitar, sawah membentang luas, pemandangan gunung lembu dan waduk jati luhur sungguh sangat menenangkan hati :) Untungnya saat itu cuaca sangat mendukung sehingga perjalanan kami sangat lancar tidak ada hambatan. 
Berikut saya kasih review beberapa dokumentasi saya saat di gunung parang . Lets Check It Out !


Gunung Parang Via Ferrata



Gunung Parang Via Ferrata

Gunung Parang Via Ferrata


Gunung Parang Via Ferrata



Nah gimana? Menggiurkan bangetkan? Wajib banget di jadiin pilihan liburan kalian. Tempatnya strategis gak jauh dari jakarta cuma perlu waktu 3 jam via tol. Buat reservasi ke Gunung Parang ini, saya kasih cp giude Badega Gunung Parang 081322117942. Kalian bisa hubungi ke nomer tersebut untuk sekedar tanya-tanya atau bahkan mau reservasi :) 

Semoga ulasan saya kali ini bisa jadi salah satu referensi liburan teman- teman. Terimakasih :) 


1 comments:

Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

judi poker

domino qiu qiu


EmoticonEmoticon