Manfaat Gunung Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Gunung Bagi Kehidupan Manusia

sumber dari: PurwoUdiutomo.com


Manfaat gunung bagi kehidupan manusia,gunung kita semua mengetahui gunung bahkan saat ini sedang marak- maraknya pendakian ke setiap gunung. Namun apakah kalian tau manfaat dari gunung yang kalian daki bagi kehidupan kita? Pasti hanya segelintir orang yang mengetahui manfaat gunung bagi manusia. Maka pada ulasan saya kali ini akan saya jelaskan  manfaat gunung yang sangat berpengaruh pada kehidupan kita sehari- hari :)

1. Menyuburkan Tanah
Abu vulkanik yang dikeluarkan dari gunung berapi akan membuat tanah menjadi subur setelah mengalami proses bertahun-tahun. Hal inilah yang membuat lahan di sekitar gunung berapi menjadi sangat subur untuk ditanami berbagai jenis sayuran.

2. Material yang Bermanfaat
Saat mengalami erupsi, maka material yang dikeluaran gunung berapi akan bermanfaat untuk dijual. Sepert misalnya pasir yang sangat baik digunakan sebagai bahan bangunan. Batu untuk membangun rumah dan gedung-gedung bertingkat. Serta bahan tambang lain.

3. Sebagai Tempat Penyimpan Air
Fungsi gunung yang lain yaitu sebagai tempat penyimpan air. Gunung mengalirkan air ke daerah-daerah yang memiliki ketinggian yang lebih rendah.

4. Pendakian
Akhir-akhir ini gunung banyak didaki oleh banyak orang. Hal ini tentunya memiliki dua dampak, dampak buruk dan dampak positif. Dampak buruknya adalah mereka yang hanya melakukan pendakian untuk sekadar hobi dan menjadikan gunung sebagai tempat sampah baru. Dampak positifnya adalah orang-orang tergerak untuk memiliki gaya hidup yang sehat dengan berolahraga melakukan pendakian ke gunung.

5. Tempat tumbuh hutan sebagai daerah perlindungan hewan dan tumbuhan agar tidak punah.
Selain manusia, hewan dan tumbuhanpun mempunyai rumah yaitu di hutan namun yang kita ketahui sekarang, semakin tahun semakin banyak hewan yang punah akibat pemburuan liar dan sampai saat ini masih menjadi PR untuk kita menjaga hewan- hewan dan tumbuhan yang masih bertahan di setiap hutan. Itu mengapa setiap kita mendaki gunung, kita dilarang keras membuang sampah di gunung karna sampah non organik sangat susah terurai dan tidak sedikit hewan yang memakan sampah kita. 
begitupula sampah merusak ekosistem tumbuhan dan hewan. 

6. Material Letusan Gunung Api Dalam Waktu Lama Dapat Menyuburkan Tanah, Pasirnya Dapat Untuk Bahan Bangunan,
Tanah yang dilalui oleh hasil vulkanis gunung berapi sangat baik bagi pertanian sebab tanah tersebut secara alamiah menjadi lebih subur dan bisa menghasilkan tanaman yang jauh lebih berkualitas. Tentunya bagi penduduk sekitar pegunungan yang mayoritas petani, hal ini sangat menguntungkan.

7. Gunung Sebagai Pengatur Iklim Dan Penyimpan Air, serta

8. Keluarnya Magma Menyebabkan Terangkatnya Barang Tambang Ke Muka Bumi.

Setelah kita ketahui manfaat gunung bagi kehidupan manusia, maka sebaiknya kita menjaga betul kelestarian gunung- gunung di Indonesia demi ke sejahteraan kita bersama. 
Semoga artikel saya kali ini, bermanfaat bagi para pembaca :)

Baca juga: Gunung Parang Purwakarta


EmoticonEmoticon