Makanan Untuk Mendaki Gunung

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Dibawa Saat Mendaki Gunung

4 Sehat 5 Sempurna
sumber dari: Download gratis Vector|PSD|Photos|Font|Footage


Makanan yang dianjurkan untuk dibawa saat mendaki gunung,makanan adalah hal yang sangat penting untuk kita perhitungkan saat hendak mendaki gunung. Jangan sampai anda salah membawa makanan yang tidak menggantikan tenaga anda saat mendaki gunung. Makanan yang harus anda bawa adalah makanan yang membantu menambah tenaga saat di gunung karna pada saat mendaki gunung tenaga kita banyak terkuras. 


1. Beras/Nasi

4 sehat 5 sempurna dimulai dari karbohidrat. Karbohidratnya orang Indonesia adalah nasi. Nasi dimulai dari beras. Nah, biasakan membawa beras ke gunung buat karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.Kelebihannya, bawa beras itu makan jadi enak, karena nasi selalu enak buat dimakan dan dipadukan sama apapun. Lalu tentu aja jauh lebih kenyang

2. Chiken Nuget,Sosil dll

Makanan ini harus dibawa karna menurut saya makanan ini sangat praktis untuk dimasak namun pengawetnya juga banyak hehe tapi makanan ini cukup untuk menambah nutrisi kita saat mendaki gunung. 

3. Sayu Sop

Wah kalau sayur sop makanan yang wajib saya bawa saat mendaki, namun saya selalu membersihkan dan memotong bahan-bahan sop saat dirumah jadi pas di gunung tinggal dimasak apalagi sekarang sudah ada bumbu praktis yang siap langsung di gunakan tanpa harus ngulek bumbu dulu, Selain itu sop juga enak untuk menghangatkan badan dan mengandung banyak vitamin dari sayur-sayuran yang terdapat didalamnya. Sangat cocok dibawa saat mendaki gunung.

4. Telu Rebus

Telur rebus merupakan makanan yang kaya nutrisi. Kandungan protein yang tinggi di dalamnya dapat membantu pemulihan otot yang bekerja keras saat mendaki. Telur juga mengandung vitamin B dan lemak yang tinggi untuk membantu tubuh dalam memproduksi energi. Selain itu, Vitamin B dalam telur juga membantu dalam mengatasi kelelahan. Tapi perlu diingat, makan telur juga bikin tenggorokan seret dan cepat haus. Pastikan terlebih dahulu kamu punya minuman yang cukup untuk mengatasinya.

5.Kornet

Kornet bisa dimasak dengan sosis atau tumis sosis kornet, sangat praktis untuk di masak dari pada masak mie hehe lebih baik makan tumis sosis kornet pakai nasi. Kornet mangandung protein,karbohidrat,kalsium,fosfor,zat besi,vitamin A,vitamin B,dan vitamin C. Cocok untuk dibawa dan di konsumsi saat di gunung karna akan menambah energi anda untuk melakukan perjalanan selanjutnya.

6. Roti/ Biskuit

Roti adalah makanan yang harus dan wajib masuk ke dalam list. Roti sangat praktis untuk anda konsumsi saat anda istirahat sejenak atau break. Mengkonsumsi sepotong roti dan 2 tenguk air putih sudah cukup membuat perut terasa kenyang dan menambah tenaga kita untuk lanjut berjalan.

7. Teh,Kopi,Susu,Sereal.

Minuman yang harus kita bawa adalah minuman yang dapat menghangatkan badan seperti teh hangat,kopi,susu,sereal atau wedang jahe.. Karna udara di gunung sangat dingin maka akan lebih nikmat bila kita mengkonsumsi minuman yang hangat untuk menghangatkan badan.

8. Madu dan Cokelat

Gapernah lepas dari madu dan cokelat, ternyata cokelat dapat memulihkan energi kita kembali seperti semula. Rasa manis pada cokelat dapat mengalahkan lelah dengan cepat, kafein pada kakao mengangkat semangat kembali, dan lemak pada kakao adalah bahan bakar untuk mereka yang aktif naik gunung. 

9. Buah

Makanan ini opsional untuk dibawa. Manfaat buah-buahan juga penting saat naik gunung. Vitamin, air, dan seratnya dapat meningkatkan vitalitas tubuh dan mengurangi dehidrasi. Sampah yang kita buang pun dapat terurai oleh alam (jangan lupa memendam sampahnya dengan tanah, bukan dibuang begitu saja). Namun membawa buah-buahan juga gampang-gampang susah. Sebaiknya menghindari buah-buahan yang gampang penyok dan hancur karena jika kita masukkan ke dalam tas. Biasanya para pendaki menyarankan membawa buah-buahan yang telah dikeringkan. Jika memang ingin membawa buah-buahan segar, banyak pendaki yang menyarankan untuk membawa buah apel, jeruk, atau pir. 

10. Air Minum

Bila gunung yang akan anda daki mempunyai mata air maka bawa minum jangan terlalu banyak karna anda bisa mengisi ulang air anda di mata air tersebut. Namun jika tidak ada sumber air maka alangkah lebih baiknya bila anda mempersiapkan air dari basecamp yang banyak untuk di bawa. Jadi ketahui dulu gunung yang akan anda jelajahi agar persiapannya lebih matang. 

Di atas adalah makanan yang saya biasa bawa saat mendaki gunung, mungkin bisa menjadi referensi anda juga. Terimakasih :)


EmoticonEmoticon