Persiapan Sebelum Mendaki Gunung

Hal- Hal Yang Harus di Persiapkan Sebelum Mendaki Gunung

sumber dari: BelajarBisnisInternet.com

Hal- hal yang harus di persiapkan sebelum mendaki gunung,mendaki gunung bisa dibilang kegiatan yang cukup menantang. Kenapa? Sebab gunung bukan tempat yang aman untuk manusia,akan banyak kemungkinan yang terjadi saat kita berada di gunung seperti, tersesat,bertemu hewan buas yang akan membahayakan nyawa kita,terserang hypotermia bahkan lebih sadisnya bisa saja kita meninggal saat sedang melakukan pendakian.
Namun pada saat ini,mendaki gunung sangat digemari apalagi oleh kalangan anak muda. Kita bisa bersenang- senang di alam bebas sambil menikmati suasana alam yang tak jarang akan memberikan kita pelajaran tentang banyak hal.
Namun bukan berarti kita bisa mendaki gunung kapan saja tanpa persiapan apapun, karna pada saat ini banyak pendaki pemula yang teracuni oleh foto-foto yang beredar di media sosial yang akhirnya membuat penasaran dan nekat melakukan pendakian tanpa persiapan yang matang. Padahal bila persiapan kita kurang akan membahayakan diri sendiri. 

Berikut saya akan menjelaskan hal- hal yang harus di persiapkan sebelum mendaki gunung, terutama untuk pemula.

1. Persiapan Fisik dan Mental

Hal pertama dan yang paling utama yang harus dipersiapkan untuk kamu yang baru akan mendaki gunung untuk pertama kali adalah mempersiapkan mental dan juga fisik. Persiapan fisik sangat diperlukan karna kita akan berjalan lebih jauh dari biasanya. dan, kita juga harus membawa barang bawaan yang tentu saja tidak ringan

Jika kamu baru akan melakukan pendakian untuk pertama kali, sangat disarankan untuk mempersiapkan fisik dengan berolahraga rutin (terutama jogging) beberapa minggu sebelum berangkat. Hal ini akan membuat fisik kita menjadi lebih siap. Sedangkan untuk persiapan mental juga sangat diperlukan karna untuk menikmati pemandangan indah di puncak gunung tidaklah mudah. Kita harus bersabar sembari melangkahkan kaki setapak demi setapak. Nikmati proses pendakian dan rasakan kejutan-kejutan yang kamu dapatkan.

2. Perlengkapan Pribadi

Perlengkapan mendaki juga menjadi hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Perlengkapan disini mencakup persiapan kelompok dan perlengkapan individu. Tenda, alat masak, bisa dimasukkan dalam daftar perlengkapan kelompok. Sisanya adalah perlengkapan pribadi seperti sleeping bag,headlamp,matras,sepatu trekking,jas hujan,jaket,baju ganti,obat-obatan pribadi dll.

Perlengkapan pribadi ini sangat penting karna akan sangat menentukan kelancaran sebuah pendakian. Tolong dicatat, jangan pernah mengandalkan alat orang lain saat sedang mendaki. Alasannya sangatlah sederhana. Karna orang lain juga membutuhkan perlengkapan mereka sendiri.

Saat mendaki gunung, gunakan pakaian yang memang didesign untuk berkegiatan di alam terbuka. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan celana jeans saat mendaki. Jika kamu belum punya perlengkapan mendaki sendiri, ada banyak rental outdoor yang bisa kamu andalkan. Sewalah semua perlengkapan yang diperlukan.

3. Pelajari Medan Pendakian

Biasanya sebelum mendaki kita akan mencai tau trek yang akan kita lalui. Itu sangat penting untuk dilakukan karna akan membantu kita saat diperjalanan mendaki gunung karna bila kita salah jalan bisa tersesat. Jadi sebelum melakukan pendakian lebih baik cari tahu dulu informasi kepada teman yang sudah mendaki gunung tersebut atau membaca informasi dari internet karna pada saat ini sudah banyak blog-blog para pendaki gunung.

4.Logistik

Perjalanan yang melelahkan tentu akan sangat menguras fisik. Disinilah kita akan membutuhkan asupan makanan untuk mengisi ulang tenaga. Sebelum mempersiapkan logistik kita harus memperhitungkan dulu kisaran waktu pendakian. Jika kita ingin melakukan pendakian ke gunung yang lokasinya berada di luar kota, sebaiknya belanja logistik di daerah yang kita tuju untuk meringankan beban


Selain makanan berat, bawalah snack untuk dimakan saat kita sedang break di tengah-tengah jalur pendakian. Walaupun tidak seberapa, setidaknya snack bisa memberikan kita sedikit energi untuk melanjutkan perjalanan. Bawalah makanan yang ringan, ringkas namun cukup mengandung kalori. Juga bahan makanan yang cepat dimasak. Jangan membawa dan mengonsumsi minuman beralkohol karena meskipun hangat namun minuman beralkohol dapat memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

Salah satu pentingnya mempelajari medan pendakian adalah untuk mengetahui apakah di dalam track pendakian terdaat sumber air atau tidak. Beberapa gunung mempunyai sumber air di dekat jalur pendakian sehingga kita tidak perlu membawa terlalu banyak air dari bawah. Air tidak hanya diperlukan untuk konsumsi minum saja tapi juga untuk memasak. Untuk lebih amannya, bawa minimal dua botol air ukuran 1500ml per orang untuk satu hari pendakian.

baca juga:Pantangan Saat Mendaki Gunung

5. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian

Sebelum pendakian dilakukan musti melapor dan memperoleh izin dari pihak-pihak terkait terutama di pos pendakian. Di pos pendakian ini, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap dan nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihubungi bila terjadi musibah di gunung. Setelah kembali (turun) dari mendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke Pos Pendakian.

6. Mencari Teman Mendaki

Ini merupakan hal yang sangat penting juga, karna bila kita salah memilih teman perjalanan kita akan terasa sangat menyebalkan dan melelahkan. Hindari mendaki gunung dengan teman yang belum pernah mendaki juga karna khawatir kalian akan tersesat.
Carilah teman yang sudah berpengalaman dan tau rute mendaki gunung agar kalian tidak tersesat,dan merasa lebih aman.

7. Berdoa

Berdoa adalah hal yang biasa kita lakukansaat akan berpergian kemanapun, termasuk saat hendak mendaki gunung . Last but not least, sebelum melakukan pendakian jangan pernah lupa untuk berdoa lebih dulu. Selain untuk meminta kelancaran kepada Tuhan, melakukan doa sebelum mendaki juga akan menunjukkan diri kita sebagai orang yang tidak angkuh

Berdoa juga sekaligus menjadi semacam “ucapan salam” kita kepada gunung.

p.s : Jangan lupa bawa turun kembali sampah kalian :)




Latest


EmoticonEmoticon