Perubahan Signifikan pada Bumi

Dampak dari Pemanasan Global yang Terjadi di Bumi

sumber dari: Beranda

Dampak dari Pemanasan Global yang Terjadi di Bumi saat ini buruk dalam skala nasional maupun global, sudah sampai pada tahap yang serius. Dalam tahapan ini, eksistensi planet bumi di mana manusia, hewan dan tumbuhan bertempat tinggal dan melanjutkan kehidupannya sudah sangat terancam.
Manusia modern dewasa ini sedang melakukan perusakan secara perlahan. Akan tetapi nyata terhadap sistem lingkungan yang menopang kehidupannya. Bumi pun mulai mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan. Khususnya karena peran manusia yang menimbulkan pemanasan global.
Badan antariksa dunia, NASA melakukan sebuah proyek foto untuk membandingkan bumi di masa lalu, dan pada era ini. Rentang perbedaan waktu yang di ambil pun antara 5 sampai 100 tahun ke belakang. Melalui foto-foto tersebut, Anda bisa melihat seberapa besar dampak pemanasan global bagi penampakan bumi dan perubahan yang terjadi. Berikut foto- foto yang menggambarkan bumi dulu vs bumi sekarang.

1.Gletser Pedersen, Alaska. (Musim Panas, 1917 - Musim Panas, 2005)


2. Laut Aral , Central Asia. ( Agustus, 2000 - Agustus, 2014)



3. Sungai Oroville, California. (Juli, 2010 - Augustus, 2016)


4. Danau Powell, Arizona and Utah. (Maret, 1999 - Mei, 2014)


5.Gletser Bear, Alaska. (Juli, 1909 - Agustus, 2005)



6. Gletser Carroll , Alaska. (Agustus, 1906 - September, 2003)


7. Hutan Uruguay, (Maret 1975 - Februari 2009)


8. Muir Glacier, Alaska. (Agustus 1941 - Agustus 2004)


9. Mar Chiquita Lake, Argentina. (Juli, 1998. - September 2011)


10. Gletser Qori Kalis, Peru. (Juli, 1978 - Juli, 2011)

Gletser Qori Kalis, Peru. (Juli, 1978 - Juli, 2011)

11. Sungai Buatan Raya, Libya, (April 1987 - April 2010)


12. Hutan Rondonia, Brazil. (Juni, 1975 - Agustus, 2009)


13. Sungai The Dasht , Pakistan, (Agustus 1999 - Juni, 2011)


14. Gletser McCarty, Alaska. (Juli, 1909 - Agustus, 2004)


15. Hutan Mabira , Uganda. (November, 2001 - Januari, 2006)


16. Gunung Matterhorn di pegunungan Alpen, perbatasan antara Swiss dan Italia (August, 1960 -August, 2005)


Bumi mengalami beberapa perubahan yang cukup signifikan, khususnya karena peran manusia. Peran manusia ada yang membawa dampak positif dan juga negatif. Beberapa contoh dampak positif, seperti reboisasi dan pembuatan waduk sehingga memperluas ukuran sungai. Namun, tak sedikit pula efek negatifnya, seperti pemanasan global yang terjadi akibat peran manusia.

Untuk mengurangi dampak pemanasan global, disini saya akan memberi beberapa kegiatan yang akan mengurangi pemanasan global, seperti: 

1. Mengubah Perilaku Pribadi, Misal :

Hemat Listrik : Setelah dijelaskan sebelumnya bahwa gas rumah kaca itu didominasi dari karbon dioksida (CO2). Sebagian besar dari CO2 dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Dengan demikian, jika kita berhemat listrik maka secara tidak langsung kita mengurangi kadar CO2 di Atmosfer.

Menanam Pohon : CO2 digunakan tanaman untuk berfotosintesis, maka penanaman pohon dalam jumlah banyak akan menjadi solusi untuk mengurangi jumlah CO2 di atmosfer. Di Sulawesi Utara, dibuat peraturan daerah yang mewajibkan menanam pohon bagi pasangan yang akan menikah.

Mengurangi Penggunaan Mobil : Mobil sebagai penyumbang sumber CO2 terbesar di perkotaan, juga perlu diantisipasi dengan mengubah perilaku orang. Penggunaan mobil pribadi menjadi penyumbang CO2 terbesar, bila tidak ada pengaturan penggunaan mobil pribadi dengan baik. Penggunaan transportasi umum yang mengangkut sekaligus banyak orang dapat mengurangi emisi karbon dioksida di udara

2. Langkah Mencegah Pemanasan Global Secara Kolektif , Misal:

Menggunakan Energi Alternatif : Penggunaan energi alternatif terbaru perlu dilakukan di Indonesia. Pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil yang diusahakan diganti dengan energi bersih, seperti sinar matahari, air, angin, biomassa, dan panas bumi. Sumber energi tersebut sebenarnya berlimpah di Indonesia. tetapi belum dimanfaatkan secara optimal. 

Melestarikan Hutan : Masyarakat dan pemerintah harus berupaya bersama dalam menjaga hutan dari bahaya kebakaran dan penebangan liar agar luas hutan tidak berkurang. 

Menghapus Penggunaan CFC : Untuk menghentikan penggunaan CFC pada peralatan pendingin, dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan batuan kepada bengkel-bengkel servis peralatan pendingin agar dapat mengelola penggunaan CFC. 

Memperbaiki Kualitas Kendaraan dengan Uji Emisi : Uji emisi diperlukan dalam mengetahui kondisi kendaraan apakah prima atau sebaliknya. Kendaraan yang memiliki kondisi prima akan menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) sehingga dapat menjaga lingkungan dan hemat bahan bakar. 


3. Mengurangi Karbon , Misal:

Menanam dan memelihara tumbuhan dalam jumlah yang banyak. Tumbuhan akan menyerap karbon dioksida untuk proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan sangat tinggi, sedangkan tanaman yang tumbuh kembali sedikit sekali, karena tanah yang tidak subur lagi. Upaya rebosiasi hutan merupakan langkah yang tepat untuk menyeimbangkan gas rumah kaca di atmosfer 

Mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif, misalnya air, angin, dan sinar matahari.

Dan itulah beberapa hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global, semoga bisa segera kita amalkan bersama demi keselamatan bumi kita tercinta :) Karna kalau bukan kita,siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? :) 


EmoticonEmoticon